WMO Script . Bisnis - Baja merupakan salah satu konstruksi bangunan yang sudah sangat terkenal dengan kekuatan dan ketahanan nya.  Kontruksi baja banyak digunakan sebagai bahan bangunan untuk gedung-gedung bertingkat, jembatan, bahkan perumahan. 

Berbeda halnya dengan besi yang terbuat dari  unsur FE atau disebut dengan Ferrum, sedangkan baja adalah material buatan logam paduan. Logam besi berfungsi sebagai unsur dasar yang dicampur dengan beberapa elemen lainnya, seperti karbon, mangan, fosfor, sulfur, silikon, serta beberapa bagian kecil oksigen, nitrogen, dan aluminium.

Nah, lantas apakah yang dimaksud dengan baja untuk konstruksi? Dilansir dari Construction Plus Asia.com, Kontruksi baja adalah struktur yang terbuat dari kombinasi terorganisir dari baja struktural yang diatur dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan konstruksi. 

Berdasarkan komposisinya, baja dikategorikan menjadi beberapa jenis berikut ini:

1. Baja Karbon

Baja karbon dibagi lagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan jumlah karbon yang menyusun baja, yaitu baja karbon rendah, menengah dan tinggi.

2. Baja Paduan

Baja jenis ini sudah mendapatkan  tambahan unsur tertentu. Penambahan unsur tersebut salah satunya bertujuan untuk menaikan sifat mekanik baja pada temperatur rendah. 

3. Baja Panduan Khusus

Jenis baja ini mengandung berbagai perpaduan logam, misalnya nikel. Penambahan logam kedalam baja akan mengubah sifat mekanik dan kimia baja menjadi lebih keras dan kuat.

4. High Speed Steel 

Jenis baja ini memiliki kandungan karbon sekitar 0,7-1,5 persen dan fungsinya sebagai alat potong seperti drills. Adapun tujuan penggunaan jenis baja high speed steel adalah, untuk meningkatkan kecepatan saat pengoperasian, karena jenis baja ini lebih cepat sampai dua kali lipat dibandingkan penggunaan baja karbon

Sementara berdasarkan penggunaannya jenis baja dibedakan menjadi dua

Baja Konstruksi

Jenis baja konstruksi mengandung karbon kurang dari 0,7 persen C, dan jenis baja ini pada umumnya digunakan untuk konstruksi bangunan. 

Baja Perkakas

Baja perkakas memiliki kandungan karbon hingga 0,7 persen C dan berguna untuk perkakas dan jenis baja ini tahan pakai, tajam dan mudah diasah.

Struktur baja juga terkenal dengan beberapa kelebihannya, seperti pemasangan yang cepat, fleksibilitas, hemat biaya, kualitas lebih terjamin. Dan konstruksi baja juga cenderung lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan material kayu. 

Hal ini dikarenakan material kayu sering diganggu rayap dan tentunya hal ini membutuhkan perawatan ekstra, bahkan penggantian menyeluruh pada waktu tertentu.

Baca juga: 4 Tips Jitu Memilih Distributor Besi Beton Berkualitas Untuk Bahan Bangunan

Itulah beberapa jenis baja yang umum digunakan. Dan pastinya kamu harus memilih jenis baja sesuai dengan kebutuhanmu. Dan untuk mendapatkan jenis baja yang berkualitas, pilihlah distributor profesional yang benar-benar sudah kredibel, dan tentunya juga menawarkan harga sesuai dengan budget kamu. 


Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan postingan pada website ini yaa ...

Previous Post Next Post