WMO Script . Bisnis
- Wah lebaran tinggal dua bulan lagi, tidak terasa ya. Tidak bisa dipungkiri selain baju, lebaran identik dengan kue. Yup saat hari nan fitrah sudah mulai mendekat, jual kue lebaran murah akan berseliweran dimana-mana. 

Nah, pasti kamu bosan kan dengan menu kue lebaran yang itu itu saja setiap tahun? Atau mungkin selama ini kamu hanya pesan kue lebaran, dan tahun ini pingin bikin sendiri. Dan tidak ada salahnya juga mencoba untuk menjadikan kue lebaran sebagai bisnis kecil-kecilan untuk menambah pemasukan bukan? 

Nah, jika berniat untuk terjun ke bisnis kue lebaran, pastikan kamu belajar secara teknis perihal cara membuatnya. Siapa tau dengan keahlian yang semakin mumpuni atau berkat ketekunan, bisnis kamu bisa berkembang menjadi distributor kue kering lebaran atau bahkan grosir kue kering lebaran

Walaupun pembuatan kue kering terkesan mudah, tapi acap kali kesalahan kecil membuat kue tak senikmat yang kita rasakan. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat proses pembuatan kue kering. Nah, dilansir dari CNN Indonesia, beberapa tips berikut ini bisa kamu terapkan dalam pembuatan kue kering buat dimakan saat lebaran, atau bahkan mungkin untuk dijual.


Perhatikan Pengocokan  Mentega Dan Gula 

Sudah menjadi rahasia umum jika mentega dan gula merupakan bahan utama pembuatan kue kering. Untuk mendapatkan kue kering yang gurih dan renyah , kocok mentega dan gula hingga berwarna putih pucat. Kebanyakan orang sering banget mempercepat pembuatan kue, sehingga langsung memasukan bahan lain sebelum berwarna putih. Dan hal ini akan membuat kue tidak serenyah yang kamu harapkan.


Gunakanlah Mentega Dingin Untuk Membuat Kue Lebih Renyah

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan mom saat membuat kue adalah melelehkan mentega terlebih dahulu, dan beranggapan mentega dapat bercampur cepat dengan bahan-bahan lain. Mentega dingin bisa membuat kue lebih renyah dibandingkan menggunakan mentega cair


Suhu Standar Pembuatan Kue Adalah  150-170 Derajat Celcius

Untuk pembuatan kue kering sangat dianjurkan ul menggunakan oven listrik, karena suhu bisa diatur. Pembuatan kue kering suhu standar yang dianjurkan adalah 150-170 derajat celcius. Suhu oven yang terlalu panas akan mengakibatkan bagian luar sudah kering tapi bagian dalam basah. Untuk jenis kue kukis dengan ketebalan 1-2 centi meter, suhu ini sudah sangat standar.


Usahakan Selalu Ayak Tepung

Banyak moms yang menganggap mengayak tepung itu cukup merepotkan, padahal hal ini sangat penting loh. Walaupun tepung yang kamu beli di pasaran sudah halus, tapi masih perlu untuk diayak terlebih dahulu. Hal ini sangat penting agar tepung semakin halus, karena jika tepung benar-benar halus akan membuat kue semakin renyah.

Baca Juga : Aneka Resep Kue Kering Lebaran yang Mudah Dibuat Di Rumah


Gunakan Bahan Yang Tepat

Bahan pembuatan kue kering pastinya akan mempengaruhi rasanya. Pastikan untuk menggunakan bahan-bahan terbaik agar rasa dan tampilan kue benar-benar memikat. Misalnya untuk jenis kue kering kastengel  disamping menggunakan keju  cheddar, bisa juga ditambahkan keju edam.  

Keju edam rasanya jauh lebih lumer dan tidak asin. Untuk penggunaan cokelat juga sebaiknya menggunakan coklat hitam dengan kadar lebih dari 68 persen.

Itulah beberapa cara paling umum dan sederhana yang bisa kamu terapkan dalam pembuatan kue kering. Karena lebaran sudah semakin dekat, mungkin kamu bisa mulai mempelajari cara pembuatan kue kering, agar kamu bisa menyajikannya kepada tamu dan keluarga saat hari nan suci sudah tiba. 

Selamat Mencoba...

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan postingan pada website ini yaa ...

Previous Post Next Post