WMO Script - Postingana kali ini kami akan membahasa mengenai 8 Cara Mengatasi Komputer atau Laptop Lambat. Seseorang pasti merasakan hal ini, karena ketika kita mengalami seperti ini sangatlah mengjengkelkan, tapi anda jangan khawatir dengan masalah tersebut kami akan memberikan solusinya yang tepat buat anda.
Dengan kebiasaan pengguna harusnya lebih mengutamakan perawatan secara berkala baik dari hardware atau pun software dengan melakukan update itu akan lebih baik.
Sumber : mycs.net.au

Berikut 8 Penyebab PC/ Laptop Anda Lemot, ini masalahnya.
1. Banyak aplikasi program yang terinstall
Referensi Pihak ketiga
Banyaknya program yang diinstall di komputer akan membuat kapasitas memory komputer semakin bekerja extra, sebaiknya anda menggunakan aplikasi secukupnya saja melainkan aplikasi yang sering anda gunakan saja.

2. Banyak Aplikasi Startup Berjalan
Blog Pribadi : WMO Script
Pada point ini sama kaitannya dengan point nomor 1, semakin banyak aplikasi yang diinstall maka semakin banyak pula startup proses yang berjalan di komputer sistem operasi anda. Agar komputer tidak mengalami lambat anda bisa melihat aplikasi startup apa saja yang sedang berjalan, anda masuk ke bagian Task Manager atau tekan Ctrl + Alt + Delete, Di Task manager ini Startup yang berjalan ini menjadi 3bagian : Apps, Backround Prosesses dan Windows Prosesses, windows yang gunakan yaitu windows 8.1, jika anda ingin menghentikan beberapa proses klik kanan End task.

3. Jangan Mendownload Aplikasi yang Mencurigakan di Internet
Sumber: quttera.com
Sebagian orang jika ingin mendownload aplikasi di internet masih belum paham tombol mana saja yang harus di pilih, kadang beberapa tombol bisa menjebak itu adalah virus. Dengan pengalaman yang saya praktikkan saya pernah mengalaminya. Entah itu iklan yang menggangu ataupun jennis promosi lainnya, ini menurut saya sangatlah menggangu. Untuk itu solusi nya lebih baik anda menambahkan Extensions Fair AdBlocker pada browser anda.
(Baca juga : Cara memasang Add block Extensions pada Google Chrome)

4. Kapasitas RAM kurang
Sumber: pcguideplus.com
Kurangnya RAM (Random Access Memory) sangatlah terpengaruh dalam proses penyimpanan data secara sementara. Sehingga adanya RAM perannya sangat penting pada saat program dijalankan, jika kinerja yang dilakukan oleh bagian Prosessor berat maka kemungkinan kerja kerja komputer akan melambat, karena keterbatasan memory yang sudah digunakan dalam komputer. Solusinya jangan membuka aplikasi program terlalu banyak dalam sekaligus, kecuali RAM yang anda gunakan berkapasitas besar.

5. Karena Virus, Malware pada PC/ Laptop
Sumber: dewaweb.com
Pada saat komputer anda terserang virus selain komputer anda melambat tetapi data-data komputer anda akan terkena virus, jika anda sering menggunakan dimedia internet kemungkinan komputer sistem operasi dan data-data anda terkena virus, malware dan jenis kejahatan lainnya atau Cyber Crime.
Solusi yang terbaik adalah pasanglah antivirus yang dipercaya, jangan salah memilih antivirus karena bukannya melindungi malah terkena bencana. Saya sarankan menggunakan antivirus Windows Defender bawaan Windows 8, 8.1 dan Windows 10 dan Microsoft Security Essentials, ini merupakan antivirus menurut saya sangat aman dan mudah digunakan.
Dan yang terakhir jangan sampai di PC/ Laptop anda memasang double Anti Virus, itu akan menyebabkan memakan RAM yang banyak, sehingga PC/ Laptop anda lambat.

(Baca juga : Jenis-jenis Cyber Crime didunia maya teknologi)

6. Tools PC/ Laptop Overhead


Sumber: zante-carhire.com
Lambatnya kinerja komputer bukan karena dibagian Sistem Operasi dan Perangkat Lunak saja melainkan Perangkat Keras pun sangat terpengaruh. Contohnya jika komputer anda sudah menginjak usia yang sangat tua untuk kemungkinan kinerja komputer akan melambat.
Solusinya anda bisa mengganti hardware yang sudah tidak memungkinkan untuk dipakai, seperti : keyboard, kipas pada laptop dll.

7. Masalah Pada Jaringan 



Sumber: customelectronicsinc.com
Pada point ini sangatlah penting bagi anda yang suka browsing dimedia internet namun anda harus tetap hati-hati sebagai penggunanya. Jika ada gangguan pada jaringan dan menimbulkan komputer anda melambat anda bisa melakukan menonaktifkan jaringan dan aktifkan kembali.
Pada masalah ini ada kaitannya dengan point nomor 3, jadi bagi anda yang mencurigai adanya data-data atau reaksi pada internet maka lebih baik matikan internet lalu anda jalankan antivirus dan scan.

8. Hardisk Perlu di Defrag



Sumber: Thetechjournal.com
Fungsi dari Defrag ini adalah proses untuk mengembalikan ulang lokasi file yang berpencar menjadi menyatu. Fungsi dari Defrag Hardisk ini untuk mempercepat proses membaca dan menulis dalam sistem hardisk sehingga komputer anda menjadi lebih cepat dan mudah digunakan, selain itu fungsi dari proses ini bisa memperawet hardisk menjadi lebih lama.
Dalam proses Defrag harus dilakukan secara berkala, bisa anda atur harian, mingguan ataupun bulanan.

(Baca juga : Cara Defrag Hardisk di Windows 8 dan 8.1 )

Kesimpulan
Apapun software yang anda gunakan, silahkan untuk menggunakan aplikasi atau software yang legal, karena dengan adanya beberapa software yang ilegal kemungkinan besar dalam beberapa waktu akan terjadi masalah pada sistem anda.

Sekian postingan kali ini, jika anda merasakan hal di atas silahkan isi komentar dibawah ini untuk sharing satu sama lain.

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan postingan pada website ini yaa ...

Previous Post Next Post