Sejarah berdirinya blog?
Situs blog sudah terkenal sejak lama, sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi orang-orang yang sudah menggeluti dibidang internet atau dunia maya. Namun ada beberapa orang yang belum paham apa makna dan istilah dari Blogger, meskipun dia rajin didepan komputer/ laptop.
Sebagian orang menilai menjadi blogger itu bisa menghasilkan uang dan ada pula yang menilai bisa menjadi terkenal dari bidang yang dia geluti? 

Dengan sobat mengetahui bahwa menjadi blogger bisa mendapatkan uang itu benar sekali, seorang bisa menjadi blogger namun tergantung niat dan kemampuan dari topik yang bawakan. Namun tidak sedikit seseorang yang berprofesi sebagai blogger untuk memenuhi kebutuhan dan nafkah hidup dengan keluarganya.
Dan tujuan dari blog itu sendiri adalah sebagai pedoman bagi orang - orang untuk memudahkan menulis catatan dan riwayat pribadi di media internet dan media sosial. Sehingga sebagian orang ketika sudah kenal blog maka akan terkenal sekalipun.

Media blogging sudah berdiri sejak tahun 1997, namun masa jaman dulu belum seramai seperti sekarang. Berdirinya blog pertama kali disebut dengan Diary Online (catatan online) yang artinya segala sesuatu yang dicatat, diceritakan atau kisah seseorang yang mencerikan kehidupan.
Pada tahun 1998 banyak beberapa blog di media online bermunculan dengan berbagai topik, namun sayangnya ditahun 1998 blog hanya bisa dikelola oleh seseorang yang propesional.



Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat Blog semakin terkenal ditahun 2003 dengan versi premium atau perbayar. Namun kurangnya peminat karena premium, blog menjadi kurang begitu banyak digunakan pengguna seseorang.
Dirilis oleh Google bahwa ada kebijakan untuk blog menjadi gratis sampai saat ini.
Karena dengan adanya kebijakan tersebut blog pun semakin banyak penggunannya didunia. Coba bayangkan semua orang pasti berpikir dengan adanya kebijakan blog gratis menjadi mudah awal untuk menulis artikel-artikel yang dibuat.    

Dari tahun ke tahun blog telah mengupdate beberapa fitur seperti desain tampilan, konfigurasi, web standards template, halaman arsip, halaman posting, setting komentar dan follow up.

Ditahun 2006 Blog telah meliris versi "beta" dengan kode "invader" dimana dengan versi "Gold", semakin populernya blog dengan berpindahnya ke server Google menjadi penggunaan blog dengan munculnya beberapa fitur baru didalamnya.
Ditahun 2007 blog telah resmi dan tidak versi beta dan gold lagi melainkan full version bagi pengguna Google.

Bagi para sobat yang masih bingung membuat blog, ikuti tutorial dibawah ini bagaimana cara membuat blog bagi yang baru :

Langkah-langkah membuat blog ?
1. Langkah awal anda harus mempersiapkan terlebih dahulu Niat, Topik dan Tujuan anda membuat blog jangan sampai anda hanya ingin ikut-ikutan seseorang atau alasan lain.
2. Setelah anda sudah ada niat, topik dan tujuan anda untuk membuat blog lanjutkan anda untuk membuat akun Google dan disertai daftar blog lanjut ke step 3.  
3. Setelah sobat sudah mendaftar akun Google, lalu sobat bisa langsung masuk di blog dengan menulis link url browser ditab terbaru www.blogger.com
4. Setelah masuk ke halaman depan blogger, maka sobat ditawarkan untuk membuat blog baru klik saja tombol buat blog tombol warna orange yang berada di tengah-tengah situs blog.
Isi form yang telah disediakan : 
  • Judul -- isi judul sesuai tema sobat tadi
  • Alamat -- isi alamat URL/ link sesuai dengan tema sobat, bisa sobat cek terlebih dahulu nama url yang sobat buat karena bisa saja nama url yang sobat masukan sudah dipakai seseorang. 
  • Tema -- tentukan tema blog sobat dan untuk sementara bisa sobat pilih tema yang default dari situs blog. 
5. Selanjutnya, sobat akan memverifikasi bahwa akun yang sobat masukkan adalah milik sobat, jadi sobat baca terlebih dahulu dan cek kembali data yang sobat daftar.  
6. Selanjutnya, klik tombol Lanjutkan ke Blogger agar sobat bisa langsung masuk ke halaman dashboard blogger.com. 
7. Selesai, dan sobat bisa langsung membuat artikel, setting, dan lainnya. 
Karena judul saya hanya ingin membahas mengenai Cara membuat blog baru, maka postingan selanjutnya masih dalam proses penulisan.

Demikian Informasi "Cara membuat blog baru di blogger dengan mudah".

Jangan lupa terus kunjungi blog dan tinggalkan kritik, saran & komentar anda yang sekiranya bisa membangun blog ini lebih baik lagi !!!

Semoga bermamfaat !!!
Tags : Blogging

Penulis, Editor, Founder
-- Agus Nasrulloh --

2 Comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan postingan pada website ini yaa ...

  1. Artikelnya sangat menarik mas agus...!!! Ditunggu artikel menarik lainnya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya...

      Delete

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan postingan pada website ini yaa ...

Previous Post Next Post