WMO Script . Bisnis - Kebutuhan terhadap besi hollow memang sangat tinggi. Tak heran jika sekarang banyak toko yang jual pipa kotak hollow dengan harga dan jenis yang bervariasi.

Jika kita perhatikan, setiap konstruksi bangunan pasti menggunakan besi hollow. Selain memiliki ketahanan yang kuat, jenis besi ini juga bisa meningkatkan nilai estetika dari suatu bangunan, terutama rumah. Tidak heran jika sekarang sudah banyak toko bangunan yang jual pipa kotak hollow dibergai pelosok wilayah Indonesia.

Untuk Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia konstruksi mungkin sudah tidak asing lagi dengan besi hollow ini. Besi ini memiliki bentuk batangan dengan terdapat rongga kosong di bagian tengah. Kemudian untuk bentuk rongganya adalah kotak.

Jenis Besi Hollow

Sama seperti produk besi lainnya, besi hollow juga terdapat dalam beberapa variasi yang bisa Anda sesuaikan. Ada 4 jenis besi hollow yang sering digunakan oleh para pekerja konstruksi bangunan. Keempat jenis besi hollow tersebut bisa Anda pelajari pada ulasan di bawah.

1.       Besi Hollow Galvalume

Besi hollow galvanis merupakan jenis besi terbaik karena memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari yang lainnya. Jenis besi hollow ini memiliki daya tahan yang sangat kuat,  terutama terhadap karat.

Besi hollow galvalume sendiri memiliki kandungan yang sangat ampuh supaya terhindar dari korosi. Komposisi bahannya terdiri dari 1.5% silikon, 43.5% besi, dan 55% coating aluminium.

Kandungan aluminium inilah yang membuat besi ini dikenal dengan zinc-aluminium. Komposisi-komposisi tersebut akan membuat besi hollow galvalume sangat kuat, terutama terhadap korosi.

Jenis besi hollow galvalum ini sangat kuat meskipun terkena air biasa maupun air hujan. Selain itu jenis besi ini juga tersedia dalam beberapa jenis tergantung ketebalannya. Semakin tebal, harga pipa hollow ini tentu akan jauh lebih mahal.

2.       Besi Hollow Galvanis

Kualitas besi hollow galvanis masih berada di bawah jenis besi hollow galvalume karena permukaannya masih rentan terkena korosi. Jika dibiarkan di udara terbuka memang tahan terhadap korosi. Akan tetapi jika sudah terpotong atau bergesekan dengan material lainnya akan rentan terkena korosi.

Besi ini hanya dilapisi dengan coating zinc (besi) dengan kadar 97% saja, sehingga sangat rentan terkena korosi. Kemudian dicampur dengan komponen lainnya yaitu coating aluminium sebesar 1% dan sisanya adalah kandungan unsur yang lainnya.

Jenis besi hollow galvanis ini biasanya banyak digunakan untuk pembuatan pagar, kanopi, dan beberapa kebutuhan bangunanlainnya. Jika ingin membuat besi hollow ini lebih kuat terhadap korosi, sebaiknya lapisi terlebih dahulu dengan zat coating.

Harga pipa hollow galvanis ini tentu saja lebih murah dibandingkan dengan jenis besi hollow galvalum. Karena dari sisi kualitasnya juga di bawah besi hollow galvanis.

3.      Besi Hollow Hitam

Jenis besi hollow yang biasa digunakan pada konstruksi bangunan adalah besi hollow hitam. Jenis besi yang satu ini sudah memiliki panjang yang sudah distandarisasi. Karena jenis besi hollow hitam ini hanya digunakan untuk pembuatan pagar saja.

Jenis besi hollow hitam ini terbuat dari baja hitam, sehingga akan membuat teksturnya menjadi sangat tebal dan kuat ketika digunakan. Hanya saja untuk ketahanannya terhadap korosi memang berada di bawah jenis besi hollow galvalum dan galvanis.

4.      Besi Hollow Gypsum

Jenis besi hollow yang satu ini memang cukup banyak digunakan pada konstruksi bangunan, terutama rumah. Besi hollow gypsum ini sangat kuat dan tahan lama serta bisa terhindar dari serangan rayap.

Sebagian besar jenis besi ini digunakan untuk pembuatan plafon rangka rumah dan bangunan lainnya seperti gedung. Untuk kualitasnya terhadap korosi tentu berada di bawah jenis besi hollow galvalum dan galvanis. Tapi hal itu juga sesuai karena besi hollow gypsum ini hanya digunakan di dalam ruangan.

Baca juga: Mengenali Berbagai Jenis Karpet Futsal yang Sering Digunakan

Tips Membeli Besi Hollow

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli besi hollow adalah ukuran atau panjangnya. Anda harus mempelajari terlebih dahulu berbagai ukuran besi hollow yang biasa ada di pasaran.

Semakin besar ukuran besi hollow yang akan dibeli seperti hollow hitam, maka harga besi hollow hitam akan semakin mahal.  Akan tetapi semakin besar ukurannya, maka besar juga kemampuannya untuk menahan beban.

Tidak hanya ukurannya saja yang berbeda-beda, berat dari besi hollow ini juga bervariasi. Sehingga akan sangat berpengaruh juga terhadap penggunaannya. Oleh sebab itu pastikan Anda harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan besi ini digunakan untuk apa.

Jika dilihat dari spesifikasinya, jenis besi hollow ini memang sangat cocok digunakan pada berbagai jenis bangunan. Saking banyaknya, banyak penjual yang mengedarkan jenis besi ini dengan kualitas yang abal-abal.

Oleh sebab itu pastikan untuk memilih besi hollow yang berkualitas karena memiliki peranan yang sangat penting dalam rangka bangunan rumah Anda. Jangan tergiur dengan harganya yang murah. Itulah beberapa jenis besi hollow yang biasanya banyak digunakan di konstruksi bangunan. Karena sudah banyak digunakan, sekarang juga sudah banyak toko bangunan yang jual pipa kotak hollow dengan harga dan jenis yang bervariasi.

(bisnis)

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan postingan pada website ini yaa ...

Previous Post Next Post