WMO Script - Postingan kali ini akan memberikan Tips bagaimana "Cara Defrag Hardisk di Windows 8". Jika anda kurang merawat sistem-sistem program yang ada di komputer pc/ laptop anda maka kemungkinan besar akan terjadi permasalahan yang dihadapi, baik itu dari software, hardware maupun jaringan.

Apa itu Defragmentasi?
Defragmentasi ini adalah proses untuk mengembalikan ulang lokasi file yang berpencar menjadi menyatu. Fungsi dari Defrag Hardisk ini untuk mempercepat proses membaca dan menulis dalam sistem hardisk sehingga komputer anda menjadi lebih cepat dan mudah digunakan, selain itu fungsi dari proses ini bisa memperawet hardisk menjadi lebih lama.Dalam postingan kali ini saya akan memberikan solusi cara Defrag Hardisk di Windows 8.
Dalam proses Defrag harus dilakukan secara berkala, bisa anda atur harian, mingguan ataupun bulanan.

Bagi anda yang menggunakan OS Microsoft windows 8 secara default sudah menyediakan aplikasi defragmentasi kedalam Windows 8. Jika anda ketahui bahwa nama yang untuk Windows 7 yaitu Disk Defragmenter namun di Windows 8 berganti nama menjadi Optimize Drives. Tentu saja di Windows 8 sudah di-improve dan dioptimalkan agar defragmentasi lebih baik.

Langkah-langkah cara Defrag Hardisk di Windows 8
Berikut ini kami jabarkan step by step dalam Defrag Hardisk di Windows 8.
1. Tekan jendela Windows + R dan tulis kata "dfrgui" tanpa tanda kutif dua contoh seperti dibawah ini :

Blog Pribadi : WMO Script

2. Selanjutnya, akan tampil halaman Optimize Drivers anda akan melihat pastisi hardisk yang anda digunakan termasuk flashdisk atau jenis hardisk external.

3. Setelah anda masuk ke halaman Optimize Drivers, bisa anda lihat di status tags "Last runterdapat tanggal terakhir di Defrag, karena kami menggunakan Defrag otomatis sebulan sekali. Namun jika anda belum pernah di Defrag akan tertera tulisan di status tags "Never run".

Blog Pribadi : WMO Script

4. Setelah itu anda mulai untuk proses defrag, klik tombol Analyze dan tunggu hingga proses Analyze selesai.

Blog Pribadi : WMO Script
4. Selanjutnya halaman Optimize Drivers akan mengembalikan nilai persen tadinya terisi beberapa persentase menjadi 0% dan artinya proses Defrag telah berhasil.

Blog Pribadi : WMO Script

5. Klik tombol Change settings jika anda ingin menggunaka pengaturan otomatis karena saya sudah di aktifkan sebelumnya jadi tinggal anda sesuaikan saja.
Dalam pengaturan otomatis bisa diatur dalam harian, mingguan dan bulanan, lihat gambar dibawah ini :
Blog Pribadi : WMO Script

6. Di menu Drives pilih tombol Choose, tentukan Hardisk pasrtisi yang akan anda jadikan secara otomatis. 
Blog Pribadi : WMO Script
7. Setelah semua selesai, anda tekan tombol Close
8. Selesai

Kesimpulan
Dalam merawat perangkat komputer tentunya ini hal yang wajib untuk anda lakukan. Jika hal ini terlewatkan bisa jadi suatu saat bisa terjadi hal yang tidak diinginkan seperti halnya perangkat hardware dalam komputer pc/ laptop anda ruksak. Jadi alangkah baiknya anda harus lebih mengutamakan perawatan yang baik pada komputer pc/ laptop anda.

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan postingan pada website ini yaa ...

Previous Post Next Post