Disavow Backlinks - tidak asing lagi dalam dunia SEO atau media website. Untuk orang awam mungkin istilah ini tidak terlalu di pikirkan, tapi bagaimana jika ada yang memang berprofesi didunia digital maka hal ini adalah hal yang serius.

Untuk itu, maka kalian perlu adanya pengecekan secara berkala khususnya untuk masalah link yang masuk ke website kalian atau biasanya disebut backlink. 

Apa itu Disavow Backlinks?

Disavow Backlinks secara sederhana adalah tool Google yang dikhususkan untuk menangkal link yang masuk ke website kita, dimana dalam tool Disavow Backlinks link yang mencurigakan akan kita usir alias blacklist dari website kita. 

Oke, kita mulai caranya ...

Berikut langkah-langkah Disavow Backlinks:

Agar kalian salah langkah, maka kalian wajib untuk mengikuti instruksi tutorial ini sampai selesai.

1. Login ke Google Search Console Disavow Links


Perlu diingat, sebelum kalian masuk ke Disavow links tersebut, kalian harus login terlebih dahulu akun google yang sudah terhubung dengan Google Search Console kalian. 

Lalu, setelah itu kalian langsung klik tombol merah "DISAVOW LINKS"

2. Upload a text file (*.txt)


Jangan lupa kalian langsung uploud file (*.txt) yang berisi link luar yang akan kalian musnahkan.

Note: 

* jika spam link begitu banyak dari domain tersebut, maka kalian bisa menuliskan domainnya saja

** Dan jika hanya beberapa, bisa pula hanya beberapa link



3. Tunggu uploud hingga selesai & konfirmasi


Setelah itu, kalian jangan lupa konfirmasi tekan tombol "Done" / selesai.

Kesimpulan

Nah, itulah cara tepat menggunakan teknik Disavow Backlinks untuk Mengusir Link jahat dari website memiliki kualitas atau spam buruk. 

Perlu kalian ingat! Sebelum kalian menggunakan teknik ini, alangkah baiknya melakukan analisa terlebih dahulu, apakah domain / link yang masuk ke website kalian benar-benar spam atau bukan. Ada cara standar untuk melakukan Disavow links pada website, yaitu: memiliki tingkat spam tidak lebih dari 5% atau bahkan lebih. 

Ini bisa saja karena tindakan tidak sengaja atau bahkan bisa juga disengaja, oleh pesaing atau bahkan orang-orang yang dapat merugikan situs kita down.

Jika kalian punya pendapat lain, berapa sih standar website yang harus di Disavow. Silahkan diskusi sama-sama dikolom komentar yang sudah disediakan.

Baca juga: Cara Cepat Daftar Akun Kredivo Agar Disetujui

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan postingan pada website ini yaa ...

Previous Post Next Post